Lompat ke konten

TERKINI

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dirancang Tahan Seabad: PT KCIC Ungkap Standar Pembangunan Tinggi

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dirancang Tahan Seabad: PT KCIC Ungkap Standar Pembangunan Tinggi
Gerbong Kereta Cepat Jakarta Bandung (KJCB) saat tengah terparkir di masing-masing jalur di Depo Tegalluar pada Selasa (22/8/2023)

Grinnews.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menegaskan komitmennya dalam memastikan kualitas dan keamanan prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Menurut Eva Chairunisa, GM Corporate Secretary KCIC, pembangunan infrastruktur ini dirancang untuk bertahan hingga 100 tahun ke depan.

“Dalam setiap tahapan konstruksi, kami menerapkan standar yang sangat ketat. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa prasarana kereta cepat ini tidak hanya memenuhi standar keamanan, tetapi juga memiliki masa pakai yang sangat lama, hingga satu abad,” ujar Eva Chairunisa dalam sebuah wawancara yang dikutip dari situs resmi KCIC pada Selasa (29/8/2023).

Kolaborasi dengan Kementerian dan Konsultan Independen

Untuk memastikan kualitas dan keamanan, PT KCIC tidak bekerja sendiri. Perusahaan ini berkolaborasi dengan Komisi Keselamatan Jalan Terowongan dan Jembatan (KKJTJ) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kolaborasi ini melibatkan pengujian rancang bangunan serta keamanan dan kelayakan jembatan maupun terowongan yang akan digunakan oleh Kereta Cepat.

Baca Juga :  Uji Coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung Akan Dimulai Setelah 6 atau 8 September 2023: Apa Kata Dirut KAI?

Selain itu, PT KCIC juga telah mendapatkan izin operasi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sebagai bagian dari upaya memastikan bahwa seluruh prasarana kereta cepat ini dalam kondisi yang aman dan laik operasi.

Pengujian dan Pengecekan Berlapis

Eva Chairunisa menambahkan, “Kami juga melibatkan konsultan independen dalam proses pengujian dan pengecekan. Ini semua adalah bagian dari komitmen kami untuk memberikan layanan kereta cepat yang aman, nyaman, dan berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia.”

Dengan adanya pengawasan dan pengujian yang berlapis ini, PT KCIC berupaya keras untuk memastikan bahwa prasarana kereta cepat ini memenuhi semua standar kualitas dan keamanan yang telah ditetapkan.

Baca Juga :  1 Oktober Catat! Kereta Cepat Jakarta-Bandung Siap Meluncur dengan Tarif Mulai Rp250.000

Komitmen untuk Masyarakat

“Kami selalu berupaya untuk memastikan agar semuanya memiliki kualitas terbaik untuk masyarakat,” tutup Eva. Dengan komitmen ini, PT KCIC berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas transportasi publik di Indonesia, khususnya antara Jakarta dan Bandung, yang kini dapat ditempuh dengan lebih cepat dan aman.

Dengan dirancangnya infrastruktur ini untuk tahan hingga 100 tahun, PT KCIC menunjukkan dedikasinya dalam memberikan layanan transportasi yang tidak hanya canggih tetapi juga berkelanjutan.

Telah terbit : https://www.kompas.com/properti/read/2023/08/31/053000121/masa-pakai-prasarana-kcjb-bisa-sampai-seabad