Lompat ke konten

TERKINI

Cak Imin Tawarkan Revolusi Subsidi BBM: Angkot dan Motor Jadi Prioritas, PKB Janji Efisiensi Hingga Rp 140 Triliun

Cak Imin Tawarkan Revolusi Subsidi BBM: Angkot dan Motor Jadi Prioritas, PKB Janji Efisiensi Hingga Rp 140 Triliun
Wasekjen PKB Syaiful Huda.

Grinnews.id – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Syaiful Huda, memberikan klarifikasi terkait pernyataannya yang viral soal peluang BBM gratis jika Muhaimin Iskandar atau yang lebih dikenal sebagai Cak Imin menang Pilpres 2024.

Huda memastikan bahwa pihaknya akan merancang skema subsidi BBM yang lebih efisien dan tepat sasaran, khusus untuk pemilik sepeda motor dan angkutan umum.

“Kami tengah merumuskan perbaikan pada skema subsidi BBM. Subsidi seharusnya bisa lebih efektif dan efisien jika hanya diberikan pada segmen angkot dan sepeda motor,” ungkap Huda.

Baca Juga :  Firli Bahuri Pastikan KPK Bekerja Sesuai Fakta Hukum dalam Pemeriksaan Cak Imin

Subsidi BBM Bocor, PKB Usulkan Revisi

Menurut Huda, skema subsidi BBM yang ada saat ini masih mengalami banyak kebocoran. “Subsidi sebesar Rp 3.500 untuk BBM jenis pertalite yang pemerintah berikan selama ini belum tepat sasaran. Ada orang-orang dan pabrik yang seharusnya tidak menggunakan subsidi BBM,” kata Huda.

Dengan perbaikan sistem ini, Huda yakin bahwa subsidi BBM bisa lebih tepat sasaran. “Kalau kita lihat, total subsidi BBM yang dikeluarkan pemerintah mencapai Rp 261 triliun. Namun, jika fokus hanya pada 120 juta pemilik sepeda motor, anggaran yang dikeluarkan hanya akan mencapai Rp 121 triliun,” jelasnya.

Baca Juga :  Ridwan Kamil Memuncaki Elektabilitas Calon Wakil Presiden 2024: Hasil Survei Terbaru

PKB dan Visi Pengembangan Desa

Di sisi lain, PKB juga menjanjikan kenaikan signifikan pada dana desa. “Kami akan memperjuangkan agar dana desa dinaikkan menjadi Rp 5 miliar per desa setiap tahunnya. Pembangunan harus dimulai dari bawah,” tutup Huda.

Klarifikasi ini diharapkan mampu meluruskan persepsi publik yang sempat salah kaprah dengan pernyataan Huda sebelumnya. Dalam pandangan PKB, judulnya bukan gratis, tapi seefisien dan semurah-murahnya untuk kelompok yang benar-benar membutuhkan.

Telah terbit : https://www.detik.com/sumut/berita/d-6924473/bukan-gratis-pkb-sebut-bbm-murah-untuk-angkot-motor-jika-cak-imin-menang