Lompat ke konten

TERKINI

Gema Hanura Dilaporkan ke Polrestabes Bandung: Deklarasi Dukung Prabowo Berujung pada Pelaporan

Gema Hanura Dilaporkan ke Polrestabes Bandung: Deklarasi Dukung Prabowo Berujung pada Pelaporan
DPP Partai Hanura melaporkan Gema Hanura ke Polrestabes Bandung atas dugaan pencemaran nama baik setelah deklarasi dukungan ke Prabowo. (Foto: detikJabar)

Grinnews.id – DPP Partai Hanura telah mengambil langkah hukum dengan melaporkan Gema Hanura ke Polrestabes Bandung. Laporan ini muncul sebagai respons terhadap deklarasi Gema Hanura yang menyatakan dukungan terhadap Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden (Capres) pada tahun 2024.

Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Partai Hanura, Rudi Imanuel Saragih, menjelaskan bahwa Gema Hanura tidak lagi dianggap sebagai sayap Partai Hanura. Oleh karena itu, deklarasi yang mereka lakukan dianggap sebagai tindakan ilegal.

“Kami melaporkan Plt Ketua DPN Gema Hanura karena telah mendeklarasikan Prabowo sebagai Capres dengan menggunakan nama Partai Hanura.

Namun, Prabowo bukanlah Capres yang didukung oleh Partai Hanura,” ujar Rudi setelah melaporkan kejadian tersebut di Polrestabes Bandung pada Rabu (11/10/2023).

Baca Juga :  Ridwan Kamil Serukan Generasi Muda Pilih Pemimpin Berkualitas di Pemilu 2024: "Jangan Apatik, Naik kelaslah Demokrasi Kita

Rudi menegaskan bahwa Partai Hanura tetap kukuh dalam mendukung Capres Ganjar Pranowo. Oleh karena itu, apabila ada organisasi yang mencoba untuk mengatasnamakan partai mereka, itu dianggap sebagai tindakan ilegal.

“Kami menuntut berdasarkan Pasal 310, yang berhubungan dengan pencemaran nama baik. Kami melaporkan individu tersebut karena dia mengaku sebagai Plt Ketua Gema Hanura, meskipun tidak memiliki izin resmi dari ketua umum kami, Oesman Sapta Odang,” ungkapnya.

Deklarasi yang diumumkan oleh Gema Hanura pada hari Minggu (8/10/2023) dinilai oleh Rudi sebagai merugikan partai. Mereka disalahkan karena mencatut nama Partai Hanura, yang sebenarnya tidak memiliki kaitan dengan partai tersebut.

Baca Juga :  Jokowi Bantah Bahas Politik dengan Sandiaga di Istana

“Dalam deklarasi tersebut, terdapat logo Partai Hanura dan pernyataan bahwa Partai Hanura mendukung Prabowo. Hal ini jelas merupakan kekeliruan. Kami tetap setia mendukung Ganjar sebagai Capres,” jelasnya.

Kompol Agta Bhuwana Putra, Kasatreskrim Polrestabes Bandung, membenarkan menerima laporan tersebut. Pihak berwenang akan menilai laporan ini terlebih dahulu untuk menentukan apakah ada unsur tindak pidana yang terkait.

“Informasi yang Anda dapatkan adalah benar. Laporan tersebut telah kami terima. Kami akan melakukan evaluasi awal terhadap laporan tersebut,” jelasnya.

Kasus ini mencerminkan situasi politik yang memanas menjelang Pemilihan Presiden 2024, di mana partai politik berkompetisi untuk mendapatkan dukungan dan menciptakan aliansi yang kuat.

Telah terbit : https://www.detik.com/jabar/berita/d-6977358/deklarasi-dukung-prabowo-gema-hanura-dipolisikan