Lompat ke konten

TERKINI

Tawuran Pelajar di Bandung Barat: Brutal, Mengerikan, dan Alarm Bagi Pendidikan Karakter di Sekolah

Tawuran Pelajar di Bandung Barat: Brutal, Mengerikan, dan Alarm Bagi Pendidikan Karakter di Sekolah
uasana pelajar yang melakukan tawuran di KBB saat diamankan sejumlah warga.

Grinnews.id – Akhir pekan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) tercoreng oleh tindakan brutal beberapa pelajar SMK yang terlibat dalam tawuran massal di Jalan Raya Cipatat, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat.

Aksi tersebut tidak hanya mengundang kecemasan warga dan pengendara yang melintas, tetapi juga berakhir dengan sejumlah kerusakan dan luka-luka.

Kapolsek Cipatat, AKP Kusmawan, membeberkan bahwa aksi tawuran ini berawal dari rombongan pelajar asal Bekasi, Cileungsi, dan Jonggol yang pulang dari Kota Bandung.

“Mereka ini asalnya bermain dan jalan-jalan ke Gedung Sate. Nah, dalam perjalanan pulang, mereka dicegat oleh pelajar di area Citatah dan terjadilah bentrokan,” ungkap Kusmawan dalam wawancara dengan Tribunjabar.id.

Baca Juga :  Misi Peningkatan IKM di KBB: Kolaborasi Komisi VII DPR RI dan Kemenperin Siap Lahirkan 300 Wirausaha Baru!

Memicu Kekecewaan Warga dan Berakhir Brutal

Yang memicu tawuran, menurut Kusmawan, adalah pelajar asal Cipatat yang merasa terganggu dengan kehadiran rombongan besar pelajar dari luar kota ini.

“Begitu melihat rombongan truk penuh pelajar asal Bekasi dan lainnya, mereka langsung mengejar dengan menggunakan sepeda motor,” terangnya.

Aksi tersebut tak hanya berakhir dengan baku hantam, tetapi juga kerusakan material yang cukup signifikan. “Ada dua unit motor milik pelajar Cipatat yang rusak parah, dirusak oleh rombongan pelajar asal Bekasi,” kata Kusmawan.

Baca Juga :  P4KBB Desak DPRD Kabupaten Bandung Barat Bentuk Pansus Terkait Rotasi Pejabat, Apa Kata Ayi Sudrajat?

Penangkapan dan Langkah Pencegahan

Tawuran ini berhasil dilerai oleh warga setempat dan petugas yang sedang berpatroli, dengan 82 pelajar dari empat sekolah Bekasi, Cileungsi, Jonggol, dan Cipatat akhirnya diamankan. “Kami juga mengamankan motor yang rusak sebagai barang bukti,” tambah Kusmawan.

Sebagai tindak lanjut, polisi telah memanggil orang tua dan pihak sekolah terkait untuk memberikan pembinaan kepada pelajar-pelajar ini. “Kami harap ini menjadi pelajaran agar tindakan serupa tidak terulang,” pungkas Kusmawan.

Telah terbit : https://jabar.tribunnews.com/2023/09/17/detik-detik-puluhan-pelajar-terlibat-tawuran-di-cipatat-bandung-barat-sampai-ada-yang-babak-belur