Lompat ke konten

TERKINI

Tarif ‘Langit’ di Zona Parkir Asia Afrika Bandung: Dishub Bertindak atas Parkir Liar Rp10 Ribu!

Tarif ‘Langit’ di Zona Parkir Asia Afrika Bandung: Dishub Bertindak atas Parkir Liar Rp10 Ribu!
Tangkapan layar tiket parkir mahal (Foto: Istimewa).

Grinnews.id – Sebuah foto tiket parkir dengan tarif Rp10 ribu yang berlokasi di ‘ZONA PARKIR FA 90’ Jalan Asia Afrika no.90, tepatnya di depan Museum Konferensi Asia Afrika, menjadi perbincangan hangat di media sosial, khususnya oleh akun @infojawabarat. Viralnya tarif parkir ini memicu reaksi Dishub Kota Bandung.

Asep Kuswara, Kepala Bidang Pengendalian Operasional Dishub Kota Bandung, menegaskan akan menindaklanjuti laporan tersebut. Menurut Asep, kawasan parkir yang menjadi sorotan tersebut sebenarnya tidak memiliki izin resmi.

“Kami sedang menyiapkan surat dan akan segera meninjau lokasi tersebut. Kami ingin mengetahui siapa yang mengendalikan parkir di sana dan berdasarkan apa mereka menetapkan tarif sebesar itu,” ungkap Asep

Baca Juga :  Mengoptimalkan Bisnis Kedai Kopi di Masa Pandemi: Strategi Marketing di Media Sosial dari Takua Coffee, Bandung

Lokasi parkir tersebut, yang berada di bekas lahan Bioskop Palaguna (di seberang Gedung Merdeka), dikenal sebagai tempat parkir bagi bus pariwisata dan kendaraan pribadi yang mengunjungi sekitar Jalan Asia Afrika, Taman Cikapundung, hingga Braga.

Asep mengatakan bahwa parkir di eks Palaguna tidak berada di bawah pengawasan Dishub dan tak memiliki izin. Ia juga menyebutkan bahwa ada beberapa titik parkir liar lain di sekitar Jalan Dalem Kaum, depan Alun-alun Kota Bandung, dan Jalan Braga Kecil serta Dr. Ir. Sukarno yang seringkali membandel meskipun ada rambu dilarang parkir.

Baca Juga :  Mesin Parkir Kota Bandung: Antara Ketidakoptimalan dan Harapan Peralihan ke Sistem Non-Cash

“Masyarakat seharusnya lebih cerdas dan tidak memilih untuk parkir di area yang jelas dilarang atau yang tarifnya tidak wajar,” saran Asep.

Mengenai dugaan adanya ormas atau preman yang mengendalikan parkir ilegal, Asep mengaku belum bisa memastikan, tetapi menegaskan akan segera menindaklanjuti masalah tersebut.

Sebagai informasi tambahan, foto tiket parkir yang menjadi perdebatan ini menampilkan tulisan bahwa segala bentuk kehilangan bukan menjadi tanggung jawab pengelola, menimbulkan lebih banyak pertanyaan mengenai legalitas dan profesionalisme pengelolaan parkir di lokasi tersebut.

Telah terbit : https://www.detik.com/jabar/berita/d-6962470/dishub-kota-bandung-bakal-tindak-lanjuti-parkir-liar-harga-selangit