Lompat ke konten

TERKINI

Detik-Detik Gempar di Cianjur: Gempa M 3,1, Retaknya Keramik, dan Himbauan BMKG

Detik-Detik Gempar di Cianjur: Gempa M 3,1, Retaknya Keramik, dan Himbauan BMKG
Ilustrasi gempa (Foto: Getty Images/iStockphoto/SteveCollender).

Grinnews.id – Senin malam (11/9/2023) yang lalu, Kabupaten Cianjur diguncang gempa bumi berkekuatan M 3,1. Menurut keterangan resmi dari Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, gempa ini terjadi akibat aktivitas Sesar Cugenang.

Gempa ini dikategorikan sebagai gempa dangkal. “Lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya menunjukkan bahwa ini adalah gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas Sesar Cugenang,” kata Hartanto.

Meski dampak gempa bumi ini cukup terasa di sejumlah wilayah, namun berdasarkan peta shakemap dari BMKG, gempa ini memiliki Skala Intensitas antara II – III MMI.

Baca Juga :  Bandung Panas! Oktober 2023 Catatkan Rekor Suhu Tertinggi dalam 4 Tahun Terakhir

Respon Warga: Getaran Nyata hingga Keramik yang Retak

Warga di beberapa kecamatan seperti Cilaku, Karangtengah, dan Cianjur merasakan getaran yang cukup nyata. “Saya langsung keluar rumah sambil gendong anak.

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ujar Astri Putri (30), salah satu warga setempat. Aleks (27), warga lainnya, menambahkan, “Keramik di rumah saya banyak yang retak karena gempa ini.”

Sejauh ini, BMKG belum menemukan adanya aktivitas gempa susulan. Hartanto menghimbau agar masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga :  Bandung Panas! Oktober 2023 Catatkan Rekor Suhu Tertinggi dalam 4 Tahun Terakhir

Mengetahui adanya potensi gempa di daerahnya, warga diharapkan tetap waspada namun tidak panik. Tetap mengikuti perkembangan informasi dari BMKG dan instansi terkait lainnya merupakan salah satu langkah preventif yang bisa dilakukan.

Telah terbit : https://www.detik.com/jabar/berita/d-6926274/penjelasan-bmkg-soal-gempa-m-31-yang-guncang-cianjur-tengah-malam