Lompat ke konten

TERKINI

Kebakaran Hebat di Pabrik Ewindo Bandung: Warga Panik, Petugas Pemadam Kebakaran Berhasil Mengendalikan Situasi

Kebakaran Hebat di Pabrik Ewindo Bandung: Warga Panik, Petugas Pemadam Kebakaran Berhasil Mengendalikan Situasi
Kebakaran pabrik di bandung.

Grinnews.id – Kebakaran besar melanda pabrik PT Ewindo di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Rabu (6/9/2023) dini hari. Api pertama kali terlihat membumbung dari bagian gudang pabrik sekitar pukul 01.30 WIB. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Eman (58), salah satu warga setempat, mengungkapkan bahwa ia baru mengetahui kejadian tersebut sekitar pukul 01.30 WIB setelah dibangunkan oleh keluarganya.

“Jam dua kurang lah (terjadi kebakaran), setengah satu awal api ada. Tadi saya dibangunin tiba-tiba sudah seperti ini,” kata Eman.

Situasi semakin memanas ketika puluhan warga berlarian menyelamatkan diri sambil membawa barang-barang berharga mereka. Imbauan untuk segera meninggalkan rumah dan menyelamatkan diri terus disiarkan melalui toa masjid.

Baca Juga :  Dede Chandra, Legislator Jabar Baru, Siap Genjot Pemekaran Daerah dan Revisi Aturan Tonnase

Warga yang tinggal di sekitar pabrik juga berpartisipasi aktif dalam upaya pemadaman api dengan menggunakan alat seadanya.

Imas Sukaesih (47), warga lainnya, menambahkan bahwa kepanikan mulai terjadi saat warga mendengar teriakan ‘api’ dari orang-orang yang pertama kali menyaksikan kobaran api.

“Kurang tau kejadian kebakaran persisnya, tapi tadi rame-ramenya jam dua kurang, banyak yang teriak,” ujar Imas.

Petugas pemadam kebakaran Kota Bandung baru menerima laporan kebakaran pada pukul 01.57 WIB. Menurut Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gungun, sebanyak tujuh unit kendaraan pemadam kebakaran dikerahkan untuk menangani situasi ini.

Baca Juga :  Muller Bersaudara Dalam Sorotan: Warga Dago Elos Bandung Tuntut Klarifikasi Klaim Kepemilikan Lahan

“Kami langsung kerahkan 7 unit, yakni 3 Unit Pancar, 3 Unit Water Tanker, dan 1 Unit Rescue,” kata Gungun.

Beruntung, petugas berhasil mengendalikan api dan saat ini sedang melakukan proses pendinginan. “Saat ini kondisi sudah padam, Alhamdulillah,” terang Gungun.

Kejadian ini menjadi perhatian serius bagi warga dan pihak berwenang. Selanjutnya, penyelidikan akan dilakukan untuk mengetahui penyebab pasti dari kebakaran ini.

Telah terbit : https://www.detik.com/jabar/berita/d-6915766/kagetnya-warga-saat-pabrik-di-bandung-dilalap-si-jago-merah