Lompat ke konten

TERKINI

Operasi Patuh Lodaya 2023 di Bandung Gencarkan Penindakan, Ini Kriteria Lokasi Razia Polisi yang Perlu Diketahui

Operasi Patuh Lodaya 2023 Di Bandung
Operasi Patuh Lodaya 2023 Di Bandung

Grinnews.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandung akan menggelar Operasi Patuh Lodaya 2023 di Kabupaten Bandung selama 14 hari, yang dimulai pada tanggal 10 hingga 23 Juli 2023. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Kepala Satlantas Polresta Bandung, Kompol Mangku Anom, yang bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pengguna jalan dalam berlalu lintas.

Menurut Kompol Mangku Anom, setelah dilaksanakannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) selama masa pandemi Covid-19, tingkat kepatuhan para pengguna jalan dianggap menurun. Oleh karena itu, operasi ini menjadi langkah strategis untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam operasi Patuh Lodaya 2023, anggota polisi akan melakukan penindakan dengan sistem mobile atau bergerak, tidak hanya dalam mekanisme razia statis di beberapa ruas jalan.

Baca Juga :  Dari Wacana ke Wujud: LRT Bandung, Ambisi Masa Depan Transportasi Jabar

Selain itu, anggota polisi juga akan memanfaatkan teknologi modern dalam penegakan hukum lalu lintas, yaitu electronic traffic law enforcement (ETLE), yang akan diterapkan di titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bandung. Penentuan lokasi pelaksanaan operasi akan didasarkan pada data kecelakaan lalu lintas, dengan fokus pada wilayah-wilayah yang padat penduduk dan memiliki kontur jalan yang rawan.

Kompol Mangku Anom juga mengungkapkan sasaran dari Operasi Patuh Lodaya 2023. Beberapa pelanggaran yang menjadi target penindakan meliputi melawan arus, tidak menggunakan helm, anak di bawah umur yang berkendara, melanggar rambu lalu lintas, tidak mengikuti peraturan APILL (alat pemberi isyarat lalu lintas), melebihi batas kecepatan yang ditentukan, serta menggunakan ponsel saat sedang berkendara.

Baca Juga :  Kebakaran TPA Sarimukti di Bandung Barat Jadi "Wisata Dadakan": Upaya Pemadaman Masih Berlanjut

Selain itu, perhatian khusus akan diberikan terhadap penindakan terhadap kendaraan yang menggunakan knalpot brong (yang berisik) dan kendaraan yang melebihi batas kapasitas muatan (overload). Kedua jenis pelanggaran ini menjadi perhatian khusus Kompol Mangku Anom karena potensi gangguan terhadap lingkungan dan ketertiban umum yang dapat ditimbulkan.

Operasi Patuh Lodaya 2023 diharapkan dapat memberikan evaluasi yang komprehensif terhadap titik-titik rawan pelanggaran lalu lintas di Kabupaten Bandung. Evaluasi ini penting untuk memperbarui strategi penindakan lalu lintas dan menegakkan disiplin berlalu lintas di wilayah tersebut. Dengan adanya operasi ini, diharapkan tingkat kepatuhan pengguna jalan akan meningkat dan angka pelanggaran serta kecelakaan lalu lintas dapat ditekan, menciptakan lingkungan berlalu lintas yang lebih aman dan tertib.

Telah terbit : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-016862557/operasi-patuh-lodaya-2023-bandung-simak-kriteria-lokasi-razia-polisi